Kamis, 26 Desember 2013

On De Sepot

Nah sekarang aku ingin bercerita sedikit tentang Bangka, sekarang aku sedang kuliah di pulau Jawa. Ternyata temen-temen disini tuh pada punya persepsinya sendiri tentang bangka. mari kita kulik satu per satu...lets gooo

Pertama, Bangka = Batam
what! saya sempet shock ketika rata-rata temen kampus atau temen asli pulau Jawa ini mengira Bangka itu sama dengan Batam atau setidaknya dekat dengan Batam. saya jelaskanlah persepsi yang kurang bener ini. kalo Bangka itu bukan Batam. bukan deket sama Singapore. Bangka itu pulau yang terletak deket dengan Palembang. pulau sendiri. jadi letaknya agak di bagian bawah pulau Sumatera.

Kedua, itu tadi tentang pulau Bangka nya, nah sekarang tentang orangnya. temen-temen saya banyak menilai kalo orang-orang Bangka itu putih-putih. apa karena melihat saya yah, jadi langsung menganalisis seperti itu. haha... yang pasti gak semua kok. tapi mungkin kebanyakan orang asli Bangka itu putih putih karena memang sudah tercampur gennya dengan keturunan China, secara banyak orang China di Bangka, dan sejarah juga menyebutkan bahwa banyak pembuangan orang-orang China dulu di tempatkan di Bangka oleh Kompeni. jadilah deh sekarang generasi generasinya pada putih putih.

Ketiga, temen-temen saya ini pada bilang "cewek cewek Bangka mah cantik cantik pisan euy" wadddohhhh... Kok bisa? pada bilang kalo cewek cewek Bangka itu cantik-cantik. kalo menurutku sih biasa aja :D Terus... Cowok-cowoknya juga dibilang pada kece-kece gimana gitu :D
Gak tau lah pendapat teman-teman saya itu dari mana sumbernya.
Hahaha

Keempat, nah yang ini anggapan mereka juga, rata-rata pada ngira kalo orang bangka itu kaya kaya. jiaaaa....emang sih mungkin saya akui kalo di Bangka itu pertumbuhan ekonominya bagus, dan tidak ada kesenjangan sosial yang begitu WOW kayak di pulau Jawa, kalau kita pergi ke kampung-kampung malah ada beberapa rumah yang gedongan disana. rata-rata juga rumah-rumah penduduk desa kebanyakan sudah beton walau masih sederhana.dan sangat jarang terlihat pengamen/pengemisdi lampu merah di Bangka ini, berbeda dengan di Ibukota

Kelima, banyak yang ngira orang orang Bangka itu pinter-pinter. entahlah, mungkin karena ngetopnya dua beradik Yusril  dan Yusron atau mungkin pada ngira karena makanan pokok orang-orang bangka adalah ikan, jadi cerdas cerdas deh...;p hihihi karena ikan banyak mengandung protein :D

Keenam, nahhh biasanya kalo habis libur lebaran, saya suka bawa oleh-oleh ke temen2 kampus saya. mulai dari getas, kericu, keripik tahu, kemplang panggang, kerupuk, dan....buanyakkkk lagi
hahaha,...
Rata-rata pada suka... sampe sampe ada temen yang bilang "gigi orang bangka kuat2 semua ya..." whattt secara snack nya keras keras semua...hahahaha ;p padahal ada juga makanan yang lemah seperti martabak, otak otak, tekwan dan lainnya.

Ketujuh, banyak yang ngira kalo Belitung itu satu pulau sama Bangka. wahhh temansss padahal pulau Belitung itu terpisah dari pulau Bangka. pulau sendiri. kalo dari Bangka bisa naek kapal laut menempuh kurang lebih 5 jam perjalanan. Naek pesawat juga bisa lo kalo dari Bangka. kalo dari Jakarta bisa naik pesawat juga. dan temanss.... kalian gak akan nyesel ke negeri laskar pelangi itu. pantainya indahhhhhhhhhh bingiittttt
Coba aja deh :D

Dan itulah beberapa hal tentang Bangka yg telah saya rangkum dalam On De Sepot edisi Ngawur :D

6 komentar: